Rujukan Manual JKN-KIS Bisa Dilakukan Bila Faskes Tingkat Pertama Hadapi Kendala Ini

Liputan6.com, Jakarta Meski saat ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tengah melakukan uji coba digitalisasi rujukan (rujukan online) Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (KIS), tak semua Faskes Tingkat pertama mampu menerapkannya. Kendala yang dihadapi Faskes Tingkat Pertama di daerah saat akan menerapkan rujukan online itu antara lain jaringan internet sulit maupun kerap mati listrik.

Kedua kendala tersebut menyebabkan aplikasi P-Care untuk rujukan online ke rumah sakit tidak bisa digunakan oleh Faskes Tingkat Pertama. Menilik dan mempertimbangkan kondisi tersebut, BPJS Kesehatan memperbolehkan Faskes Tingkat Pertama untuk masih menggunakan sistem manual.

"(Faskes Tingkat Pertama) yang tak punya jaringan data koneksi internet bisa pakai sistem manual. Tapi risikonya, Faskes Tingkat Pertama tidak bisa melihat informasi rinci rumah sakit rujukan soal kapasitas pasien," kata Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Arief Syaifuddin dalam acara "Ngopi Bareng Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)" di Mocking Bird Shophaus, Jakarta, Jumat (14/09/2018).

Rumah sakit rujukan kini hanya akan menerima rujukan online. Namun, bila Faskes Tingkat Pertama masih menggunakan sistem manual karena kesulitan jaringan, pasien masih tetap dapat dirujuk dan mendapat pelayanan kesehatan di rumah sakit rujukan.

"(Rumah sakit rujukan) masih terima rujukan manual kalau Faskes Tingkat Pertama manual," lanjut Arief.

Saat ini, uji coba digitalisasi rujukan akan memasuki fase ketiga pada 16-30 September 2018.

Simak video menarik berikut ini:

Jokowi memperlihatkan bagaimana pelayanan negara kepada para pemegang katu bantuan kesehatan dan BPJS yang menurut Presiden sudah mencakup hampir 190 juta masyarakat Indonesia.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3644551/rujukan-manual-jkn-kis-bisa-dilakukan-bila-faskes-tingkat-pertama-hadapi-kendala-ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rujukan Manual JKN-KIS Bisa Dilakukan Bila Faskes Tingkat Pertama Hadapi Kendala Ini"

Posting Komentar