Habil Josef Glinka Lahirkan Belasan Doktor Ilmu Antropologi

Disertasi doktoral Glinka mengenai Indonesia ternyata membuat Adi semakin tertarik pada Glinka. Antropolog lulusan Universitas Mickiewicz, Poznan, Polandia ini kemudian dirayu untuk bergabung dalam organisasi Anatomi Indonesia, yang di dalamnya antara lain ada Adi Sukadana dan Teuku Yacob. Adi mengajak Glinka menggabungkan antara antropologi budaya dengan bio-antropology yang dikuasai Glinka. 

Setelah mempertimbangkan matang, peraih Profesor dari Uniwersytet Jagiellonski, Krakow tahun 1977 ini bergabung di Bagian Anatomi UNAIR. Pada tahun 1984, Glinka datang ke UNAIR, ternyata SK pembentukan Departemen Antropologi UNAIR sudah turun, kemudian tahun 1985 Jurusan Antropologi dibuka. Sejak Juli 1985, Glinka pindah ke Surabaya sampai saat ini. Ia tinggal di Surabaya sudah lebih dari 30 tahun. 

Perjuangan awal mengajar dimulai. Pada minggu-minggu awal, jadwal mengajarnya 14 jam per minggu. Glinka menulis hand out sendiri untuk mahasiswa. Momen terberat terjadi pada tahun 1990. Ia terpaksa mengambil alih semua mata kuliah yang diajarkan Adi, baik yang di FK, FKG, dan FISIP. Ini dikarenakan Adi meninggal. Ia sakit saat melakukan penelitian di Banyuwangi. Sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong.

Rasa lelah merasuki Glinka karena ia harus mengemban tugas mengajar yang begitu banyak. Ia meminta kepada Rektor UNAIR saat itu, Soedarso Djojonegoro untuk punya asisten. Myta (Myrtati Dyah Artaria), mahasiswa angkatan pertama yang sudah selesai skripsi dipilih menjadi asisten. Tugas Glinka pun mulai terasa ringan sejak ada asisten.

Pengalaman pertama mengajar masih tertanam. Glinka, yang sebelumnya mengajar di seminari di lingkungan Katolik, yang siswanya laki-laki. Kemudian mengajar di UNAIR tidak tahu siapa mahasiswanya yang Muslim, Kristen, Katolik. Ritmenya beda dari yang di Flores. Jatah mengajar Glinka juga banyak karena dosen yang lain muda-muda, belum lulus, dan kebanyakan bukan dari antropologi. Ia bersyukur Jurusan Antropologi perlahan-lahan berkembang.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/health/read/3628454/habil-josef-glinka-lahirkan-belasan-doktor-ilmu-antropologi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Habil Josef Glinka Lahirkan Belasan Doktor Ilmu Antropologi"

Posting Komentar