Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam Yang Berbenjol Secara Alami dan Cara Membuatnya


Bekas luka hitam mungkin bisa merubah penampilan menarik anda. Ketika ada bekas luka yang menghitam di bagian tubuh pasti cukup membuat penampilan kurang nyaman ya Sobat. Terlebih bila warna kulitnya putih pasti bekas luka semakin jelas dan nampak. Berbeda bagi yang memiliki kulit hitam manis, mungkin sedikit tersamarkan. Tetapi bagaimanapun bekas luka yang menghitam membuat kulit bagian tubuh terlihat tidak elok. Apalagi bekas tersebut terdapat di bagian-bagian tubuh strategis yang mudah terlihat seperti wajah, leher, tangan dan kaki.

Meskipun banyak obat-obatan dan kosmetik berbahan kimia penghilang bekas luka, tetapi efek sampingnya terkadang malah menghasilkan bekas luka semakin parah dan terkadang memicu efek kimia negatif seperti kulit melepuh, gatal-gatal, dan lain-lain akibat zat merkuri dan zat kimia lain di dalamnya.

Ada beberapa cara tradisional dan alami untuk menghilangkan bekas luka tanpa perlu khawatir efek samping yang ditimbulkannya. Berikut ini beberapa cara tradisional dan alami tersebut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

1. Daun Pohon Randu/Daun Kapuk
Caranya: ambil beberapa lembar daun randu, cuci bersih, lalu gosokkan pad abagian bekas luka. Lakukan secara teratur minimal 2 kali sehari. Bila terjadi gejala gatal-gatal, hentikan penggunaan karena bisa jadi kulit sensitif dan iritasi.

2. Madu dan Putih Telur
Caranya: sediakan madu asli secukupnya, campurkan dengan putih telur. Lalu oleskan pada bagian bekas luka. Lakukan secara rutin.

3. Teh basi
Siapkan teh basi lalu gosokkan pada bagian bekas luka. Gosok antara 10-15 menit, lalu dibilas dengan air bersih.

4. Kentang
Caranya: siapkan kentang segar lalu dicuci bersih dan dipotong serta diiris tipis-tipis. Tempelkan irisan kecil-kecil tersebut pada bekas luka yang menghitam. Biarkan beberapa jam, sebaiknya ketika hendak tidur di malam hari. Lakukan secara rutin hingga hasilnya terlihat.

5. Lemon dan jeruk
Peras lemon yang sudah dihaluskan dengan blender, lalu airnya diteteskan di bekas luka yang menghitam. Teteskan dalam rentang waktu 15 – 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Hitam di Tubuh

Cara alami lain masih banyak. Berikut ditambahkan cara alami menghilangkan bekas luka yang menghitam.

1. Minyak Biji Pangkal Mawar 
Caranya: lumuri bekas luka yang menghitam dengan minyak Biji Pangkal Mawar serta disertai pijatan selama 15 menit. Lakukan secara teratur.

2. Minyak Zaitun.
Caranya: Oleskan pada bekas luka hitam secara rutin minimal 2 kali sehari.

3. Mentimun
Caranya: Sediakan buah mentimun segar, cuci bersih kemudian iris kecl-kecil. Letakkan irisan timun pad abekas luka hitam ketika menjelang tidur.

4. Buah Mengkudu
Caranya: Sediakan dua buah mengkudu masih segar, cuci bersih lalu diblender sampai halus. Buah mengkudu yang sudah dioelskan dioelskan pada bekas luka. Lakukan secara teratur minimal 2 kali sehari pagi dan ketika menjelang tidur.

5. Getah lidah buaya
Caranya: Oleskan getah lidah buaya pada bekas luka hitam minimal 2 kali sehari sampai bekas luka hitam memudar dan perlahan menghilang.

6. Daun Pare
Caranya: Sediakan 5-7 lembar daun pare yang masih segar, cuci bersih lalu diblender. Setelah itu disaring air blenderan daun pare kemudian campurkan 2 sendok teoung beras aduk sampai rata. Lalu dioelskan pad abeks luka hitam.

7. Beras dan kencur
Caranya: Sediakan segenggam beras dan kencur lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air lebih mudah dihaluskan. Cara praktisnya bisa juga dengan dikunyah secara bersamaan antara beras dan kencur.

Kemudian oleskan pada bekas luka hitam minimal 2 kali sehari hingga tampak hasilnya.

Untuk Pencegahan Dini Luka Bekas Hitam Permanen

Untuk mencegah agar luka tidak membekas hitam dan permanen, ada dua cara sederhana dan ini juga pernah penulis alami dan terbukti manjur.

1. Hindari mengoleskan pasta gigi
Pada luka bakar knalpot, terbakar, seterika dan terbakar api. Pasta gigi akan membuat panas dari luka bakar di kulit semakin masuk ke lapisan kulit yang makin dalam. Di samping itu, usahakan bila berada di kawasan hutan atau jauh dari pusat kesehatan, jangan mengoleskan minyak lampu (minyak tanah) pada beks luka karena bila sembuh sudah dipastikan membuat beks hitam permanen.

2. Timun
Gunakan timun sebagai obat oles pada luka bakar setrika, knalpot dan terkena api. Caranya haluskan timun dengan cara ditumbuk dan oleskan dengan cepat ketika luka bakar tidak lebih dri minimal 30 detik dari terjadi luka.

Itulah beberapa tips dari kami supaya tidak terjadi lagi pengobatan yang mungkin tidak baik untuk anda. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam Yang Berbenjol Secara Alami dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar