Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan dengan Aman dan Mudah

Cara menghilangkan duri di tenggorokan penting sekali diketahui lantaran banyak orang yang sering menelan duri secara tak sengaja saat makan. Duri yang menyangkut di tenggorokan ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri dan pastinya sangat mengganggu sekaligus menjengkelkan. Tentunya hampir semua orang pernah mengalami hal ini baik saat anak-anak maupun saat sudah dewasa.

Seperti yang kita tahu bahwa ikan sebenarnya memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh manusia. Bahkan kandungan ikan bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan juga otak serta merupakan sumber protein yang bagus untuk otot. Sayangnya memang dalam mengkonsumsi ikan, seringkali duri menjadi penyebab menyebalkan yang membuat seseorang enggan memakan ikan.

Ketulangan atau orang yang secara tidak sengaja menelan duri atau tulang ikan ini memang sederhana, walau selain sakit bisa juga menjadi hal yang berbahaya jika salah dalam menanganinya. Memang, sebenarnya ada beberapa tulang atau duri ikan yang bisa hancur sendiri secara perlahan, namun sayangnya tidak semua jenis ikan demikian. Ada jenis ikan yang jika menyangkut di tenggorokan akan bertahan di sana dalam waktu lama dan secara perlahan menimbulkan iritasi di tenggorokan bila tidak dihilangkan.

Oleh karena itulah, duri ikan yang tertelan dan tersangkut di lidah atau epiglottis sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama tersangkut di sana supaya tidak menjadikan hal buruk terjadi kepada tenggorokan. Karena perlu diketahui bahwa bahaya menyangkutnya tulang ikan di tenggorokan bisa menyebabkan infeksi karena tusukan duri dan jika terus dibiarkan bisa menimbulkan komplikasi penyakit seperti abses rhitoparingeal yang pastinya berbahaya seperti yang di lansir dari dedaunan.

Untuk itulah menghilangkan duri dari tenggorokan sangat penting sebelum hal berbahaya tersebut terjadi. Cara menghilangkan duri di tenggorokan sendiri ada banyak sekali, misalnya banyak minum atau bahkan jika memang bisa segera dibawa ke dokter atau petugas kesehatan. Namun jika dibawa ke dokter tidak memungkinkan dan meminum air putih duri tak kunjung hilang, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan.
Cara Menghilangkan Duri Di Tenggorokan dengan Aman dan Mudah

Cara-cara menghilangkan duri berikut ini sangat simpel dan mudah dilakukan. Tentunya hal yang harus dipahami adalah bahwa duri tersangkut itu harus dihilangkan bagaimana pun caranya. Hal ini dikarenakan duri juga dianggap benda asing oleh sistem imun tubuh yang jika diabaikan pastinya bisa menjadi infeksi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menghilangkan duri, simak ulasan berikut.

    Tidak Memakai Tangan

Memang saat duri menancap di tenggorokan karena tertelan, tulang ikan tersebut harus dihilangkan bagaimana pun caranya. Namun hal yang perlu diingat adalah jangan pernah mencoba mengambil ikan dengan tangan. Hal ini dikarenakan mengambil duri dengan tangan justru beresiko cedera kerongkongan bahkan bisa terjadi infeksi. Terlebih tangan juga tidak terjamin kebersihannya di samping keamanannya.

    Meminum Air Garam

Cara menghilangkan duri di tenggorokan berikutnya yaitu menggunakan air hangat yang dicampur garam. Biasanya jika duri yang tertelan kecil, maka ia akan langsung terbawa air garam ke saluran pencernaan. Untuk cara menggunakannya yaitu dengan mencampur air hangat dan garam lalu menggunakannya untuk berkumur seraya sedikit menelan di pangkal tenggorokan. Dengan cara ini biasanya duri ikan akan lepas dari tenggorokan.

    Batuk

Cara mudah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba batuk. Dengan refluk batuk yang dilakukan terkadang juga bisa membantu seseorang untuk membuat duri ikan keluar dari tenggorokan yang menjebaknya saat tidak sengaja tertelan.

    Menelan Sekepal Nasi Tanpa Dikunyah

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan duri dari tenggorokan adalah dengan menelan sekepal nasi tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Cara ini sebenarnya sudah cukup umum dikenal dan dilakukan oleh masyarakat.

Caranya dengan mengambil nasi lalu membentuknya bulat di kepalan tangan dan langsung menelannya. Bisa juga dilanjutkan dengan minum air untuk mendorong nasi tersebut masuk ke saluran pencernaan. Namun perlu diketahui bahwa sebaiknya kepalan nasi yang dibuat janganlah terlalu besar. Hal ini dikarenakan beresiko membuat tersedak.

    Memakan Pisang

Selain nasi, untuk mendorong duri masuk ke saluran pencernaan bisa juga menggunakan buah pisang. Caranya pun sama yaitu mengambil potongan buah pisang yang cukup besar, walau tentunya ukuran agak diperhatikan supaya tidak tersedak, dan tanpa mengunyahnya langsung menelan pisang tersebut.

Buah pisang yang teksturnya lengket terkadang bisa membuat duri ikut terbawa ke saluran pencernaan dan menghilang dari tenggorokan. Agar lebih mudah dan terhindar dari tersedak bisa juga dengan menyediakan air minum yang akan digunakan setelah menelan pisang.

    Menelan Marshmallow

Makanan berikutnya selain pisang dan nasi, bisa juga menggunakan marshmallow. Hal ini dikarenakan marshmallow memiliki tekstur yang cukup tebal dan memiliki sifat yang kenyal. Dengan kedua sifat itu maka saat memakannya air liur menjadi lengket dan diharapkan bisa membawa duri yang menempel saat melewati tenggorokan.

Untuk marshmallow agar lebih mudah dalam menggunakannya bisa dengan dikunyah terlebih dahulu walau memang sebaiknya jangan terlalu lembut agar manfaatnya maksimal dan efektif. Dengan demikian maka duri pun akan terdorong ke saluran cerna dan hilang dari tenggorokan.

    Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan duri di tenggorokan berikutnya yaitu bisa dengan menggunakan minyak zaitun. Hal ini dikarenakan minyak zaitun bisa melumasi tenggorokan dan kerongkongan sehingga tulang atau duri ikan bisa melunak dan lepas. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur air hangat dengan minyak zaitun terlebih dahulu sebelum meminumnya.  lalu minumlah.  Minyak zaitun memungkinkan

    Berkonsultasi Ke Dokter

Jika semua cara sudah dilakukan namun tidak ada hasil, maka langkah terakhir adalah memeriksakannya ke dokter atau petugas kesehatan terdekat. Hal ini dikarenakan tulang ikan memang harus diambil untuk menghindari hal berbahaya yang bisa saja terjadi. Hal ini harus dilakukan sesegera mungkin tanpa perlu menunggu adanya pembengkakan di daerah tenggorokan.

Saat berada di dokter biasanya jika tidak kunjung hilang duri dalam tenggorokan maka akan dilakukan  X-ray. Bisa juga dengan meminta anda melakukan laringoskopi atau jika memang parah bisa juga harus melakukan CT scan hingga endoskopi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah jika sampai tulang atau duri tersebut tidak juga diambil.
Cara Mencegah Menelan Duri Secara Tidak Sengaja

Agar hal berbahaya yang terjadi karena menelan tulang tidak terjadi, tentunya ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Hal-hal ini bertujuan untuk mencegah duri tertelan. Caranya bisa dilakukan sejak mengolah ikan atau bahkan saat makan ikan tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

    Memilih Ikan dengan Jumlah Duri Sedikit

Seperti yang kita tahu bahwa jenis ikan ada beragam. Oleh karena itu agar terhindar dari menelan duri bisa disiasati dengan menghindari ikan yang memiliki banyak duri.

    Membuang Semua Duri Sebelum Makan Ikan

Cara kedua agar terhindar dari resiko menelan duri yaitu dengan membuang terlebih dahulu semua duri pada ikan sebelum memakannya. Barangkali ini terlihat merepotkan namun tentunya lebih aman. Terlebih jika ikan yang dimakan memiliki banyak sekali duri seperti bandeng. Selain membuangnya, bisa juga dengan mengunyah duri tersebut hingga benar-benar hancur.

    Memasak Ikan Dengan Presto

Cara berikutnya yaitu dengan mengolah ikan menggunakan sistem presto. Dengan cara ini maka duri pun menjadi lunak dan pastinya aman dikonsumsi sehingga terhindar dari resiko menyangkutnya tulang atau duri di tenggorokan. Demikian beberapa hal yang bisa nada lakukan. Tentunya cara menghilangkan duri di tenggorokan agar tidak terjadi luka atau bahkan hal buruk lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Duri di Tenggorokan dengan Aman dan Mudah"

Posting Komentar