Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Sendiri

Normalnya, orang buang air kecil empat hingga delapan kali setiap hari. Oleh karena itu, buang air kecil yang terlalu sering selain mengganggu aktivitas dan istirahat juga bisa jadi merupakan hal yang tidak normal atau karena penyakit. Oleh karena itu, cara mengatasi sering buang air kecil yang mudah dilakukan di rumah harus diketahui untuk meminimalisir gangguan saat terjadi gangguan ini.

Memang buang air kecil yang sering tidak selalu menandakan itu merupakan gangguan abnormal atau penyakit. Keseringan buang air kecil juga bisa saja terjadi lantaran respon normal setelah minum dalam jumlah terlalu banyak atau karena mengkonsumsi makanan tertentu. Untuk gejala seringnya buang air kecil yang terlalu sering ini sendiri ada dua macam yaitu buang air kecil tanpa rasa sakit, dan seringnya buang air kecil yang juga disertai rasa sakit seperti yang di lansir dari dedaunan.com.

Untuk seringnya buang air kecil yang disertai rasa sakit, ini bisa jadi merupakan tanda infeksi  yang harus diwaspadai. Kalau memang perlu, bahkan bisa diperiksakan ke dokter atau petugas kesehatan terdekat. Sedangkan untuk keseringan buang air kecil yang tanpa disertai rasa sakit, ini meski belum tentu penyakit namun pastinya tetap mengganggu kehidupan. Terutama jika seringnya buang air kecil ini terjadi pada malam hari yang membuat istirahat seseorang menjadi terganggu.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Sendiri Di Rumah Dengan Mudah


Untuk mengatasi keseringan buang air kecil, sebelumnya harus dipahami terlebih dahulu penyebab terjadinya gangguan ini. Keseringan buang air kecil ini bisa terjadi karena penyakit gula darah atau diabetes, atau adanya pembesaran prostat atau hipertrofi. Selain itu bisa juga terjadi karena minum dalam jumlah yang banyak, atau mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung sifat tinggi seperti kopi, dan lainnya, atau bisa jadi karena memang sengaja mengkonsumsi obat .

Dengan memahami penyebab terjadinya sering buang air kecil, maka cara mengatasi yang tepat bisa ditemukan sehingga bisa dihentikan. Setelah dihentikan maka seseorang bisa beraktivitas dan beristirahat dengan normal karena pola buang air kecilnya juga kembali normal. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara menghentikan sering buang air kecil yang bisa dilakukan dengan sangat mudah.

    Minum Air Putih dengan Benar


Air putih memang bagus untuk kesehatan. Namun minum berlebihan juga pastinya tidak baik karena bisa membuat seseorang menjadi keseringan buang air kecil. Sebaiknya, minum air putih itu kurang lebih enam hingga delapan gelas setiap hari. Yang mana jika minuman yang diminum jumlahnya terlalu sedikit atau kurang juga pastinya tidak baik karena bisa mengakibatkan dehidrasi.

Untuk cara minumnya, sebaiknya tidak langsung sekali minum dalam jumlah banyak namun sedikit-sedikit. Akan lebih baik jika meminum air putih hangat karena bagus untuk kesehatan. Minum air dingin dengan es ataupun dari kulkas akan dapat menurunkan stamina tubuh, bahkan dapat menyebabkan sakit flu dan masuk angin.

    Memilih Asupan Minuman dan Makanan dengan Hati-hati


Kegiatan buang air kecil pastilah sangat dipengaruhi dengan minuman dan makanan yang dikonsumsi seseorang. Oleh karena itulah, jenis minuman dan makanan yang dikonsumsi juga sebaiknya diperhatikan. Jika tidak ingin mengalami buang air kecil yang terlalu sering, sebaiknya menghindari minuman yang mengandung soda, minum kopi, teh, . Hal ini dikarenakan minuman ini memiliki sifat yang cukup tinggi.

Selain itu jika tidak ingin buang air kecil keseringan juga bisa dengan menghindari makanan yang pedas dan asam. Hal ini dikarenakan makanan ini membuat adanya iritasi pada kandung kemih. Contoh makanan yang sebaiknya dihindari misalnya jeruk, nanas, tomat dan yang lainnya. Selain itu, agar tidak terjadi , sebaiknya sebelum tidur seseorang sudah berhenti makan dan minum dua jam sebelumnya.

    Buang Air Kecil Secara Teratur


Cara mengatasi sering buang air kecil yang mudah berikutnya yaitu dengan membiasakan diri BAK secara rutin. Hal ini dikarenakan dengan buang air kecil secara teratur maka bakteri dalam saluran akan diusir secara alami. Perlu diketahui bahwa menahan buang air akan membuat bakteri berkembang pesat yang bisa menjadi infeksi dan pastinya akan menjadi pengganggu dalam buang air kecil.

    Menghindari Pakaian Ketat


Pakaian ketat, suasana ini sangat digemari sebagai tempat tinggal bakteri yang bisa memicu terjadinya sering buang air. Oleh karena itulah agar tidak terjadi sering buang air kecil sebaiknya menghindari jenis pakaian satu ini.

Untuk celana yang digunakan untuk sebaiknya yang bentuknya longgar terbuat dari bahan katun yang memiliki sifat breathable atau memiliki sirkulasi udara yang bagus. Dengan demikian, kelembaban tidak akan berlebihan dan tentunya sehat.

    Latihan Kegel


Cara efektif yang dianjurkan petugas kesehatan untuk mengatasi buang air kecil yang keseringan yaitu dengan latihan kegel. Cara latihan ini bisa dengan duduk dalam posisi berlutut dan mengencangkan otot-otot panggul seraya menarik otot pada hitungan ketiga. Setelah itu, menahan posisi tersebut selama tiga hitungan sebelum akhirnya dikendurkan.

Untuk kegel ini juga bisa dilakukan selain sambil duduk yaitu sambil tiduran, berdiri, atau berjalan. Cara ini efektif untuk memperkuat otot-otot panggul sehingga kontrolnya terhadap saluran perkemihan menjadi lebih baik.

    Mengkonsumsi Yogurt


Cara mengatasi sering buang air kecil yang mudah berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi yoghurt. Hal ini dikarenakan yogurt segar memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa mencegah serta melawan bakteri dan kuman jahat dalam saluran kemih. Dengan mengkonsumsi yogurt setiap hari maka akan membantu mencegah serta mengobati gejala seringnya buang air kecil.

    Mengkonsumsi Jus Cranberry


Selain yogurt, makanan yang memiliki sifat anti bakteri yaitu cranberry. Dengan meminum jus segar cranberry setiap hari maka infeksi pada saluran kemih juga akan dilawan oleh kandungan jus satu ini. Bahkan hasil riset menunjukkan bahwa jus atau pil cranberry akan membuat perempuan yang terkena infeksi saluran menjadi sembuh.

    Mengkonsumsi Campuran Kemangi dan Madu


Selain cranberry, cara mengobati gejala seringnya buang air kecil juga bisa menggunakan jus kemangi dan madu. Dua bahan ini memiliki kandungan yang bisa juga untuk membinasakan kuman dan bakteri , sehingga buang air kecil pun kembali normal.

    Mengkonsumsi Biji Wijen


Bahan makanan berikutnya yang bisa meredakan gangguan perkemihan yaitu biji wijen. Hal ini dikarenakan biji wijen memiliki banyak sekali kandungan vitamin, mineral, serat, hingga antioksidan. Sehingga dengan kandungannya yang beragam itu, biji wijen menjadi sangat bagus untuk mengatasi buang air atau keseringan buang air kecil yang mengganggu.

Demikian beberapa cara mengatasi sering buang air kecil yang bisa anda lakukan di rumah dengan mudah dan alami. Gangguan tidak normalnya buang air kecil ini juga bisa dihindari dengan menjaga kebersihan organ perkemihan dan gaya hidup sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Sendiri"

Posting Komentar