Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering Bercabang dan Rontok

Tidak semua wanita dianugerahi dengan wajah cantik, kulit putih mulus, hingga rambut yang tebal sehat, dan berkilau. Bahkan, bagi mereka yang terlahir dengan berbagai anugerah tersebut, apabila tidak tahu bagaimana cara merawat tubuh dan rambut, mereka pun akan kehilangan anugerah tersebut. Sedangkan bagi Anda yang terlahir dengan berbagai kekurangan, Anda tidak perlu berkecil hati. Karena ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi beberapa kekurangan atau kelemahan tersebut. Jika pada posting-an sebelumnya kami telah membahas secara mendetail cara merawat rambut agar cantik alami. Di sini kami secara khusus akan menulis 25 cara merawat dan mengatasi rambut kering bercabang dan rontok yang ampuh dan bisa Anda coba. sperti yang di lansir dari cantikmenawan
Jangan Gunakan Air Panas Untuk Merawat Rambut

Mandi air hangat memang menyenangkan. Selain itu tentu saja mandi air hangat bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Tapi masalahnya, air hangat atau air panas dapat menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering. Bagi Anda yang memiliki rambut kering, Anda wajib menghindari mencuci dan membasuh rambut dengan air panas.

Gunakan masker alami yang terbuat dari alpukat matang

Cara mengatasi rambut kering bercabang  dan kusam lainnya bisa dengan memanfaatkan bahan alami yang terdiri atas, alpukat matang dan telur. Alpukat dikenal kaya vitamin dan mengandung sejumlah asam lemak esensial yang dapat membuat rambut terlihat makin berkilau. Menurut Stephen Sanna, seorang ahli mewarnai rambut dari New York mengatakan bahwa, campuran alpukat dan telur sangat efektif untuk mencegah kerusakan rambut karena banyak mengandung mineral dan vitamin. 

Bagaimana cara membuat ramuan di atas?
Sediakan satu buah alpukat yang sudah matang dan 1 butir telur
Tumbuk alpukat hingga halus. Kemudian campurkan dengan telur dan kocok hingga berbusa
Setelah itu terapkan pada rambut dan diamkan selama 20 menit
Akhiri dengan membilas rambut menggunakan air biasa, dan shampoo ringan untuk menghilangkan bau amis dari telur

Campurkan shampoo dengan sebutir telur

Sediakan satu butir telur ayam dan tambahkan shampoo secukupnya, lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran tersebut untuk menyampo kulit kepala dan rambut. Lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dibilas dan dibersihkan.

Membuat conditioner alami dengan mayonaise


Bahan yang kita butuhkan untuk membuat conditioner alami adalah mayonaise. Anda bisa menerapkan mayones langsung ke seluruh bagian rambut. Lalu diamkan selama 1 jam sebelum dibilas. Mayonaise akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan mengkilap karena mengandung protein tinggi.

Gunakan campuran minyak zaitun dan gel lidah buaya


Sediakan kurang lebih 60 ml minyak zaitun, kemudian campurkan dengan: 60 ml gel lidah buaya, 6 tetes minyak rosemary, dan 6 tetes minyak cendana. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi dan menghidrasi rambut, terutama di bagian ujung-ujungnya yang bercabang.

Perbanyak minum air putih


Rambut sangat membutuhkan air untuk membantunya agar tetap bisa tumbuh dengan subur dan agar memiliki akar yang kuat. Kekurangan cairan dapat menyebabkan rambut jadi mudah rontok dan bercabang.

Biasakan mengkonsumsi pisang


Pisang terkenal banyak mengandung kalium. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dan rambut. Jika ingin rambut sehat dan tidak mudah rontok atau bercabang, biasakan mengkonsumsi pisang setiap hari.

Nutrisi kulit kepala dengan masker pisang


Selain dikonsumsi, sebenarnya pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk menyuburkan rambut. Cara memanfaatkannya, Anda hanya tinggal menyediakan pisang yang sudah matang secukupnya (sesuaikan dengan panjang rambut). Kemudian lumat/haluskan hingga membentuk pasta. Setelah itu, terapkan pada rambut. Lalu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit--sebelum dibersihkan dan dibilas. Masker pisang ini bisa diterapkan seminggu sekali untuk menutrisi rambut dan kulit kepala.

Perbanyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau


Gaya hidup modern seringkali membuat kita terlena. Dalam kehidupan sehari-hari, kadang kita lebih tertarik untuk mencoba makanan-makanan yang tidak sehat. Alasannya tentu saja karena rasanya yang enak. Namun jika Anda ingin punya tubuh yang sehat dan rambut yang kuat serta tidak mudah rontok, Anda wajib memperbanyak konsumsi sayur-sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau adalah kunci memiliki rambut yang berkilau, lembut, dan kuat dari akar hingga ujungnya.

Konsumsi vitamin khusus untuk rambut


Jika Anda merasa jarang makan sayur dan buah-buahan, Anda wajib memenuhi kebutuhan vitamin tubuh dan rambutmu dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin. Selain bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat, suplemen juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Jangan menggunakan shampoo setiap hari


Shampoo dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Menurut para ahli, rambut sebaiknya dikeramas maksimal tiga kali seminggu.

Membuat masker alami untuk rambut


Salah satu masker terbaik untuk merawat dan mengatasi rambut kering, bercabang, serta rontok, adalah dengan mengkombinasikankan antara:
Minyak zaitun
Minyak biji anggur
Alpukat
Kombinasi ketiga bahan alami bisa diterapkan untuk mencegah rambut kering dan rontok.

Hindari menggunakan berbagai bentuk alat pemanas atau pengering rambut

Catok atau pengering rambut, kedua-duanya dapat menyebabkan rambut mudah stres, kering, mengalami kerusakan, rapuh, dan bercabang. Agar tidak sering menggunakan alat-alat tersebut, biasakanlah mandi dan bangun lebih awal di pagi hari. Sehingga, Anda memiliki kesempatan untuk mengeringkan rambut secara alami.

Lembabkan rambut dengan menggunakan minyak kelapa


Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami untuk rambut. Selain bermanfaat untuk melembabkan rambut, minyak ini juga bisa membantu menguatkan rambut dan mencegah ujung rambut jadi bercabang.
Biasakan mencuci kepala dan rambut dengan air dingin
Menurut penelitian, air dingin bisa membantu menjaga kelembaban dan kilau rambut. Jadi, biasakan membilas rambut dengan menggunakan air dingin karena air dingin sangat efektif dalam membantu mengunci agen conditioning.

Gunakan masker madu

Madu diyakini memiliki sifat antibakteri. Apabila diterapkan di kulit kepala, madu akan sangat bermanfaat. Terutama untuk mencegah ketombe dan mencegahnya datang kembali.

Hindari shampoo atau conditioner yang mengandung bahan-bahan berikut ini


Shampoo dan conditioner yang mengandung: silikon, sulfat, dan alkohol sebaiknya tidak Anda gunakan. Karena kandungan seperti sulfat dan berbagai kandungan yang telah disebutkan di atas dapat menyebabkan rambut menjadi kering karena kehilangan kelembaban.

Jangan biasakan menggunakan shampoo secara berlebihan
Saat keramas, biasakan menerapkan shampoo pada bagian kulit kepala dan pangkal rambut. Sebaliknya, hindari menerapkan shampoo hingga seluruh bagian rambut. Karena, pada saat kita membilas rambut, shampoo pasti akan tetap mengalir melalui sela-sela hingga ke ujung rambut.

Gunakan cuka sari apel setelah menggunakan shampoo
Cuka sari apel terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun untuk membersihkan berbagai perabot rumah tangga. Di dalam dunia kecantikan, cuka sari apel juga sangat bermanfaat untuk membantu mengikis residu (sisa-sisa) shampoo.

Perawatan rambut alami dengan olive oil dan madu
Campurkan 2 sdm (sendok makan) olive oil (minyak zaitun) dengan setengah cangkir madu. Kemudian terapkan pada seluruh rambut, mulai dari pangkal hingga ujungnya. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum dicuci dengan air biasa.

Masker yogurt, kuning telur, dan madu
Cara menerapkannya, sediakan satu butir kuning telur kemudian campurkan dengan madu dan yogurt. Setelah itu, terapkan campuran tersebut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Minyak zaitun dan air lemon
Campuran minyak zaitun dan air lemon. Kemudian terapkan pada kulit kepala untuk menghilangkan rasa gatal dan ketombe.

Memanfaatkan plain yoghurt
Jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat, lembab, dan berkilau, Anda wajib mencoba cara ini. Plain yogurt sangat baik untuk menutrisi dan melembutkan serta menjaga kesehatan rambut.

Perbanyak olahraga
Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun lebih dari itu, olahraga bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Kelancaran darah di dalam tubuh kita sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Karena darah sejatinya adalah alat transportasi yang bertugas membawa nutrisi dari makanan yang kita konsumsi untuk disalurkan ke sel-sel di seluruh tubuh--termasuk rambut.

Suplemen minyak biji rami
Salah satu suplemen terbaik yang dianjurkan oleh pakar kesehatan bernama Kathleen W. Wilson, MD, untuk mengatasi rambut kering adalah kapsul minyak biji rami. Menurutnya, kapsul ini sebaiknya di konsumsi antara 1-3 X 1 butir setiap hari.

Tips tampil cantik menawan
Kunci dari perawatan tubuh dan rambut terletak pada gaya hidup dan pemilihan makanan sehari-hari. Agar rambut tetap sehat dan bebas dari masalah, biasakan tidur dan beristirahat secara teratur, konsumsilah kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran setiap hari; penuhi juga kebutuhan protein melalui ikan atau daging. Kemudian, biasakan juga berolahraga setidaknya 45 menit sehari atau 5 jam dalam seminggu. Agar penampilan Anda makin sempurna, kenakan pakaian-pakaian yang cantik dan menawan. Seperti pakaian model terbaru yang berkualitas dan trendy.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering Bercabang dan Rontok"

Posting Komentar