Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami dan Cara Membuatnya


Sobat pernah merasa mata bintitan? Apakah mengganngu sobat? Tentu bukan? Bagi sobat yang matanya bintitan tentu akan merasa tidak nyaman dan seperti ada yang mengganjal saat sedang mengedipkan mata. Jangankan untuk berkedip, kadang saat kita berdiam diri saja rasanya bintitan ini begitu mengusik. Wajar saja, karena bintitan (hordeolum) berwujud seperti bintit atau benjolan kecil di sekitar kelopak mata bagian bawah atau atas.

Bintitan bisa muncul karena kelopak mata terinfeksi oleh bakteri bernama staphylococcus aureus. Bakteri satu ini sebenarnya tidak berbahaya, tetapi bila bakteri ini terjebak dalam kantung air mata yang sedang sakit, maka ia akan infeksi dan memunculkan benjolan kecil layaknya jerawat.

Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami

Bintitan umumnya juga akan menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala atau pusing. Tetapi jangan khawatir. Bila sobat saat ini sedang panik karena mengalami bintitan, berikut ini kami sajikan beberapa tips dan cara yang bisa sobat coba untuk menyembuhkan mata bintitan.

1. Kompres air hangat
Sediakan sebuah handuk bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lalu kompres bagian mata yang bintitan dengan air hangat itu tadi. Lakukan ini secara rutin 3 atau 4 hari berturut-turut hingga bintitnya kempes.

2. Menggunakan bawang putih
Bawang putih memang kaya akan manfaat. Bila sobat ingin menyembuhkan mata bintitan, sobat hanya tinggal membelah bawang putih menjadi 2. Kemudian oleskan bagian dalam bawang yang masih basah tersebut ke kelopak mata yang bintitan. Hati-hati, jangan sampai terkena mata karena rasanya akan sangat perih. Walaupun akan sedikit tersiksa melakukannya, bawang putih cukup manjur dan cepat untuk menyembuhkan mata bintitan.

3. Menggunakan teh celup
Ada baiknya sobat minum secangkir teh celup dulu sebelum mengobati mata. Nah, setelah minum, teh celupnya jangan dibuang. Pakailah kantong teh celup tersebut untuk mengompres mata yang bintitan. Antioksidan yang terkandung dalam teh akan mengurangi rasa nyeri karena mata bintitan.

4. Menggunakan kunyit
Menggunakan ketumbar
Bahan dapur lain yang bisa sobat gunakan untuk menyembuhkan mata bintitan adalah ketumbar. Rebus sekitar 2-4 sendok makan ketumbar dalam air dan gunakan air rebusan ketumbar untuk mengompres mata sobat yang bintitan. Ketumbar juga kaya antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab mata bintitan.

5. Menggunakan daun jambu biji
Selain bahan-bahan dapur tadi, sobat juga dapat menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji ini mungkin terlihat sepele, tetapi sesungguhnya ia memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bisa mengatasi bintitan. Caranya sederhana kok! Ambillah beberapa lembar daun jambu biji, lalu tumbuk sampai halus dan oleskan hasil tumbukannya pada bagian mata yang bintitan.

6. Jangan ditekan
Selama ini orang selalu beranggapan bila kelopak mata mulai sakit sebagai pertanda akan mengalami bintitan, sebaiknya segera ditekan. Anggapan itu salah. Bila mata bintitan ditekan justru akan membuat bakteri menyebar dan semakin infeksi. Jadi, jangan sembarangan menekan mata yang bintitan ya sobat!

Pada dasarnya mata bintitan yang ringan akan sembuh dengan sendirinya bila sobat diamkan saja dan tidak terlalu sering disentuh atau dikucek. Tetapi, bila sakit terasa semakin parah sebaiknya sobat segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang cara mengobati mata bintitan secara alami, semoga bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar